Senin, 21 Maret 2011

TUGAS TEORI ADMINISTRASI PUBLIC



TUGAS INDIVIDU

PROGRAM PASCA SARJANA

TEORI ADMINISTRASI PUBLIK





DI SUSUN OLEH :
JABIR

UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA , SURABAYA

2011



“ TEORI ADMINISTRASI PUBLIK “

A.       Pergertian
Administrasi publik terdiri dari dua kata, yaitu administrasi dan publik. Administrasi di artikan sebagai kegiatan atau kerjasama dalam rangka mencapai tujuan yang sudah ditentukan atau di arahkan.Definisi lainnya yang dapat diajukan adalah kegiatan implementasi kebijakan.
Sedangkan publik dapat diartikan sebagai Negara, klien, konsumen, warga masyarakat dan kelompok kepentingan. Tetapi dalam wacana di Indonesia lebih berkembang administrasi publik disamakan dengan administrasi Negara.
Dari pengertian dua kata tersebut, maka administrasi publik dapat diartikan sebagai  masyarakat. Terdapat pengertian yang singkat, administrasi publik merupakan metode pemerintahan Negara [proses politik ] administration of publik,for publik, dan by publik.
Dengan demikian administrasi publik merupakan proses pemerintahan publik, untuk publik dan oleh publik.

B.     Paradigma dalam  Administrasi Publik
Paradigma adalah teori dasar atau cara  pandang yang fundamental , dilandasi nilai-nilai
Tertentu, dan berisikan teori pokok,konsep,metologi atau cara pendekatan yang dapat
Dipergunakan para teoritisi dan praktisi dalam menanggapi sesuatu permasalahan baik
Dalam pengembangan ilmu maupun kemajuan hidup. Dalam ilmu administrasi publik
Terdapat beberapa paradigma  antara lain;
1.Paradigma dikotomi politik dan administrasi Negara.Fokusnya terbatas pada masalah-
Masalah organisasi dan penyusunan anggaran dalam birokrasi pemerintaha, politik dan
Kebijakan merupakan substansi ilmu politik. Tokoh-tokohnya  Frank J Goodnow dan
Leonard D White.
2.Paradigma Prinsip-prinsip administrasi. Locusnya kurang dipentingkan.Fikusnya
Adalah  prinsip-prinsip manajerial yang dipandang berlaku universal pada setiap bentuk
Organisasi dan lingkungan budaya. Tokohnya adalah  Gulick dan Urwick, F. W. Taylor,
Henry Fayol, Mary Parker Follet, dan Willooghby.
3. Paradigma administrasi Negara sebagai ilmu politik. Administrasi Negara kembali menjadi bagian dari ilmu politik. Pelaksanaan prinsip-prinsip administrasi sangat dipengaruhi oleh berbagai macam factor lingkungan, jadi tidak “ Value free” ( bebas nilai ). Tokoh paradigma ini adalah nicholas henry.
4. Paradigma administrasi Negara sebagai ilmu administrasi. Administrasi tetap menggunakan prinsip administrasi yang dipengaruhi berbagai factor, oleh karena itu dalam paradigm ini mengembangkan adanya pemahaman social psikologi, dan analisis system untuk melengkapi. Tokoh paradigm ini adalah Hendersaon, Thompson, Caldwen.


C.   Teori dalam Administrasi Publik
Teori adalah rangkaian ide mengenai bagaimana dua variable atau lebih berhubungan.
Terdapat beberapa kelompok teori dalam administrasi Negara, antara lain :
1.      Teori deskriftif eksplanatif, merupakan teori yang bersifat memberi penjelasan secara abstrak realitas administrasi Negara. Misalnya teori yang menjelaskan tentang ketidakmampuan administrative.
2.      Teori normative, yaitu teori yang bertujuan menjelaskan situasi masa mendatang, idealnya dari suatu kondisi. Misalnya teori tentang kepemimpinan ideal masa depan.
3.      Teori Asumtif, yaitu teori-teori yang menekankan pra kondisi, anggapan adanya suatu realitas social dibalik teori atau proposisi. Misalnya Teori X dan Y dari Mc Gregor yang menyatakan manusia mempunyai kemampuan baik (Y) dan kurang baik (X).
4.      Teori Instrumental, yaitu teori-teori yang memfokuskan pada “ bagaimana dan kapan” lebih pada penerapan atau aplikasi dari teori. Misalnya teori tentang kebijakan, bagaimana kebijakan di jalankan dan kapan waktunya.

Saya cenderung memilih untuk mereview materi kuliah yang bertemakan Teori Administrasi Publik, untuk saya bicarakan pada kesempatan ini dengan menghubungkan kebijakan Pemerintah Kota Tarakan. Setelah membaca Teori Administrasi Publik matakuliah yang disampaikan oleh Dosen  Ibu DR. Hj. Esa Wahyu Endarti, M.Si.
Yang telah dijelaskan pada BATASAN
Ø  Pengertian “ Administrasi”
·         “Arahan”
·         Kegiatan implementasi
·         Pemerintahan
·         Kegiatan Pengarahan
·         Pekerjaan menghasilkan barang dan jasa publik
·         Bidang Akademik / Teori Tertentu
·         Proses yang dinamis dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan dengan memamfaatkan orang dan material melalui fungsi koordinasi dan kerjasama.
·         Dalam kamus AP : “ Proses implementasi keputusan dan kebijakan.

Ø  Pengertian “ Administrasi Publik “
·         Proses dimana sumberdaya dan personal publik diorganisir dan dikoordinasikan untuk memformulasikan, mengimplementasikan, dan mengelola keputusan-keputusan tentang kebijakan publik.
·         Metode memerintah Negara ( sebagai proses politik )
Administrasi of publik, for publik, dan by publik > paradigma yang dianut.
·         Produksi barang dan jasa publik
·         The work of government
·         Semua yan g dicapai atau dijanjikan Pemerintah pada waktu kampanye
·         Usaha kerjasama dalam lingkungan Judikatif, Legislatif dan Eksekutif
·         Proses pemenuhan mandat  Pemerintah.

Dari penjelasan tersebut di atas, ada hal-hal yang menarik untuk saya bicarakan sesuai dengan pengetahuan saya tentang kebijakan Pemerintah Kota Tarakan sebagai Kota Pusat Pelayanan Perdagangan dan Jasa yang berbudaya, sehat adil, sejahtera dan berkelanjutan dengan misi sebagai berikut ;
1.      Menumbuhkan kembangkan pelayanan umum yang handal sebagai pusat rujukan wilayah sekitarnya.
2.      Meningkatkan aktifitas jasa perdagangan nasional dan internasional
3.      Meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkeadilan
4.      Melaksanakan pembangunan kota pulau yang sehat dan berkelanjutan
5.      Mengembangkan pola hidup dan sikap masyarakat kota Tarakan yang berbudaya.
Kalau saya melihatnya ada kesesuaian antara kebijakan Pemerintah Kota Tarakan dengan Teori Administrasi Publik, yang menjabarkan adanya layanan Publik berupa barang dan jasa, hal tersebut sangat gencar dilakukan oleh Pemerintah Kota Tarakan  baik berupa pembangunan fisik maupun pelayanan jasa dan di jadikan juga Tarakan sebagai kota Pendidikan.
Sebagai contoh saja kita bisa melihat pembangunan fasilitas dermaga laut, seperti pembangunan pelabuhan tengkayu II, Pelabuhan Pery, Pelabuhan Nasional Indonesia ( PELINDO) semua diperuntukkan agar arus lalu lintas perdagangan barang dan jasa terbuka bebasdan dapat berjalan lancer untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat kota Tarakan kearah masyarakat yang sejahtera dan memiliki tingkat perekonomian yang handal dan kuat, dan sebagai sumber dana asli pendapatan daerah kota Tarakan atau biasa di sebut PAD Kota Tarakan.
Tidak ketinggalan juga fasilitas pelabuhan udara yang dikenal dengan sebutan bandara Juwata Tarakan, yang akan menuju pada peningkatan status dari bandara nasional menjadi bandara Internasional, melihat pengguna jasa penerbangan Bandara Juwata Tarakan yang satu-satunya bandara tersibuk di wialayah Kalimantan Timur bagian utara karena pengguna jasa penerbangan ini, sehingga angka jumlah penumpang yang akan berangkat maupun datang menggunakan fasilitas penerbangan ini cukup padat terbukti dengan seringnya para penumpang layanan ini tercancel, karena maskapai penerbangan belum seimbang di banding jumlah pengguna jasa penerbangan tersebut. Berbagai cara dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Tarakan maupun  bantuan Pemerintah pusat dan Pemerintah Propinsi Terus membangun gedung-gedung penunjang di pelabuhan bandara juwata yang dianggap perlu dan merupakan skala perioritas karena kebutuhan yang tidak dapat dihindari mengingat Kota Tarakan  Satu-satunya  di Kalimantan Timur bagian utara yang menjadi rujukan dari masing-masing Kabupaten / kota yang berdekatan dengan kota ini, kita biasa melihat landasan pacu bandara juta diperpanjang dan diperlebar, parkir pesawat saat datang maupun yang bermalam di bandara Juwata Tarakan  juga turut di benahi, halaman parkir kendaraan pengantar dan penumpang juga perlebar agar dapat memenuhi banyaknya kendaraan yang akan menggunakan fasilitas tempat parkir tersebut.
Kebijakan Pemerintah tentang akan dijulukinya Kota Tarakan Sebagai Kota Pendidikan terus berbenah diri dapat dilihat dengan pembangunan sumber daya manusia beserta fasilitasnya terbukti dengan banyaknya gedung-gedung sekolah yang di bangun, hamper setiap tahun Pemerintah Kota Tarakan  menganggarkan dana pembangunan gedung sekolah seperti contoh SMP Negeri 1 Tarakan, SMP Negeri 2 Tarakan, tahun 2008 yang di bangun SDN 028, SDN 041, SDN 021, SDN 024, pada tahun 2009 yang di bangun SDN 048, SMPN 4, SMAN 1, dan pada tahun 2010 akan di bangun SDN 033 Juata Laut dan SDN 050 Juata Kerikil yang akan dilaksanakan pembangunannya.
Ada kesesuaian kebijakan Pemerintah Kota Tarakan tersebut di atas  dengan teori Administrasi Publik yang mengepankan layanan barang dan jasa sebagai salah satu unsur pengertian dari Administrasi dan pengertian administrasi publik itu sendiri.
Saya tidak dapat terlalu jauh memberikan komentar tentang semua isi materi matakuliah Teori Administrasi Publik,  mengingat kebijakan Pemerintah Kota Tarakan tidak dapat secara rinci saya ketahui karena memang saya tidak berhubungan langsung dengan hasil kebijakan yang di terapkan, mengingat ruang lingkup pekerjaan kami yang sangat terbatas, jadi saya hanya dapat memberikan komentar secara umum saja.
Demikian  tugas individu ini yang saya pilih dan berikan komentar.


                                                                                     Tarakan, 31 Januari 2011
                                                                                                  Penulis,

                                                                                                   JABIR
  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar