Selasa, 22 Maret 2011

Biografi Presiden Indonesia


Tahun 1929, Sukarno ditahan oleh pemerintah Belanda karena aktivitas politiknya. Kemudian dibebaskan dua tahun kemudian. Sejak itu beliau sering keluar masuk penjara, ditahan oleh pemerintahan Belanda. Tahun 1933 beliau kembali ditangkap dan di buang ke daerah Ende, Flores. Empat tahun kemudian, dipindahkan ke Bengkulu. Setelah Perang Dunia II terjadi, beliau kembali ke Jakarta. Setelah Jepang bertekuk lutut pada sekutu, beliau dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
Tahun 1955, beliau berhasil menghimpun Negara-negara non blok dalam Konferensi Asia-Afrika yang dilaksanakan di Bandung, yang saat ini berkembang menjadi Gerakan Non Blok. Karena krisis politik yang hebat, tahun 1966, Bung Karno dilarang menjalankan kegiatan politik. Posisinya sebagai Presiden digantikan oleh Jenderal Suharto. Sejak saat itu kesehatan Bung Karno terus memburuk. Akhirnya, beliau meninggal dunia pada hari minggu, tanggal 21 Juni 1970 dan dimakamkan di Blitar. Pemerintah menganugerahkannya sebagai "Pahlawan Proklamasi".
2.SOEHARTO
Soeharto adalah Presiden kedua Indonesia. Beliau lahir di Kemusuk, Yogyakarta, tanggal 8 Juni 1921. Bapaknya seorang petani yang juga sebagai pembantu lurah dalam pengairan sawah desa. Beliau memulai pendidikannya di SD Tiwir di Yogyakarta. Sampai akhirnya terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Tengah pada tahun 1941. Beliau resmi menjadi anggota TNI pada 5 Oktober 1945. Pada tahun 1947, beliau menikah dengan Siti Hartinah seorang anak pegawai Mangkunegaran.
Pada tahun 1949, beliau berhasil memimpin pasukannya merebut kembali kota Yogyakarta dari tangan penjajah Belanda saat itu. Beliau juga pernah menjadi Pengawal Panglima Besar Sudirman. Selain itu juga pernah menjadi Panglima Mandala (pembebasan Irian Barat) serta menghancurkan Gerakan 30 September 1965 / PKI. Dengan munculnya SUPERSEMAR, PKI dan semua ormasnya berhasil dibubarkan dan dinyatakan sebagai partai terlarang. Akhirnya pada tanggal 12 Maret 1967 Jendral Suharto ditetapkan sebagai pejabat Presiden RI. Setelah menjadi Presiden selama 32 tahun, akhirnya beliau mengundurkan diri menjadi Presiden karena adanya desakan dari rakyat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar